Logo Klikoo

Halaman Utama

/

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Peraturan dan ketentuan yang harus disepakati

BACALAH SELURUH SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN INI SEBELUM MENGAKSES ATAU MENGGUNAKAN PLATFORM / WEBSITE KLIKOO BUSINESS.

(i)

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian Platform / Website Klikoo Business yang ditawarkan oleh PT Pintar Ventura Pertama terkait penggunaan Platform / Website Klikoo Business;

(ii)

Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna berdasarkan hukum;

(iii)

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Platform / Website Klikoo Business maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini;

(iv)

Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Pintar Ventura Pertama;

(v)

Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan mengakses, mendaftar dan/atau menggunakan Platform / Website Klikoo Business.

1. DEFINISI

  • “Akun” mengacu pada Akun yang dibuat oleh Pengguna segera setelah Pengguna menyelesaikan proses pendaftaran di Website Klikoo Business, yang berisi informasi mengenai Nama pengguna, E-mail pengguna, Nomor Telepon Pengguna, Kata Sandi, dan Informasi Bisnis.
  • "Klikoo", "Kami", "Milik Kami", atau "Kita" mengacu pada Platform / Website Klikoo Business dan/atau penyedia layanan Platform / Website Klikoo Business yaitu PT Pintar Ventura Pertama.
  • “Channel” adalah aplikasi elektronik yang dikelola oleh suatu pihak yang terhubung pada jaringan tidak terbatas pada Aplikasi, ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Cash Management, E-Channel, PPOB, Mobile Apps, Aplikasi Agen, Teller dan/atau Agen Penjualan.
  • “Biller” adalah perusahaan-perusahaan yang secara langsung maupun tidak langsung bekerja sama dengan Klikoo untuk menginformasikan tagihan dan menerima pembayaran.
  • “Harga” adalah harga untuk produk atas jumlah yang harus dipotong dari Pengguna untuk setiap Transaksi Berhasil.
  • “Hari Kalender” adalah setiap hari di kalender, yaitu 365 atau 366 hari dalam satu tahun, tergantung pada tahun saat Syarat dan Ketentuan ini berlaku.
  • “Hari Kerja” adalah hari dimana Bank beroperasi secara komersial, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional resmi, serta hari lainnya yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai hari libur.
  • “Pelanggan” adalah konsumen Pengguna yang melakukan Transaksi melalui Channel Pengguna.
  • “Pengguna” adalah setiap pihak termasuk badan usaha yang mengakses, mendaftar dan/atau menggunakan Platform / Website Klikoo Business, termasuk Pelanggan.
  • “Transaksi” adalah aktivitas pembayaran/pembelian tagihan yang dilakukan oleh Pelanggan melalui Channel Pengguna.
  • “Transaksi Berhasil” adalah Transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan sesuai dengan jumlah tagihan yang ditetapkan oleh Biller.
  • “Deposit” adalah jumlah dana yang disetorkan kepada Klikoo untuk dipergunakan dalam pembayaran/pembelian tagihan Biller yang dilakukan oleh Pelanggan melalui Channel Pengguna.
  • "Kontrak Tertulis" mengacu pada semua dokumen tertulis yang kami terapkan kepada Anda jika Anda mendaftar sebagai Pengguna/Partner.
  • "Syarat dan Ketentuan" mengacu pada Syarat dan Ketentuan ini termasuk perubahannya dari waktu ke waktu, untuk penggunaan produk dan layanan Klikoo yang tersedia di Platform / Website Klikoo serta produk dan layanan lainnya yang mungkin akan tersedia di masa depan. Produk dan layanan baru akan diinformasikan kepada Anda melalui notifikasi di Platform / Website Klikoo Anda.
  • “Force Majeure” mengacu pada kejadian-kejadian yang terjadi di luar kehendak dan kekuasaan Pengguna dan PT Pintar Ventura Pertama yang secara langsung dan material dapat mempengaruhi pelaksanaan dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada terjadinya peristiwa alam, seperti gempa bumi, angin topan, banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan bencana alam lainnya, kebakaran, huru-hara, terorisme, sabotase, pemberontakan, embargo, hingga ketentuan atau kebijakan negara yang wajib ditaati.

2. KETENTUAN UMUM

Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk subjek tunggal juga berlaku untuk subjek jamak dan sebaliknya, kecuali diatur dan dijelaskan secara terpisah dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk subjek maskulin juga berlaku untuk subjek feminin dan sebaliknya, kecuali diatur dan dijelaskan secara terpisah dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Judul dan keterangan hanya digunakan untuk membantu memperjelas Syarat dan Ketentuan ini sehingga tidak seharusnya mempengaruhi pengertian dari Syarat dan Ketentuan ini.

Setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk suatu individu, kecuali dicatat dan dijelaskan lain, juga akan berlaku untuk pewaris, wali dan perwakilan resmi dari individu tersebut.

Demikian pula, setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk suatu entitas hukum, misalnya Klikoo, kecuali dicatat dan dijelaskan lain, juga akan berlaku untuk rekanan, pewaris dan perwakilan resmi dari entitas tersebut.

3. RUANG LINGKUP KERJASAMA

3.1

Pengguna menyediakan Channel sehingga Pelanggan dapat melakukan pembayaran dan pembelian tagihan Biller melalui sistem Channel yang dikelola oleh Pengguna.

3.2

Pengguna menyetorkan Deposit ke dalam Rekening Klikoo dan Klikoo akan melakukan pemotongan terhadap Deposit Pengguna atas Transaksi Berhasil sesuai dengan Harga yang berlaku.

4.PEMBUATAN AKUN

4.1

Dalam rangka untuk mengakses dan menggunakan Platform / Website Klikoo Business, Anda harus mendaftar dan membuat akun Anda. Dengan membuat Akun, Anda menyatakan bahwa Anda memiliki usia hukum untuk membentuk kontrak yang mengikat, bukan orang yang dilarang untuk menerima Layanan berdasarkan hukum Republik Indonesia atau yurisdiksi lain yang berlaku, dan tidak pernah sebelumnya ditangguhkan atau dihapus sebagai pengguna dari Layanan.

4.2

Ketika membuat Akun, Anda diwajibkan untuk memberikan nama bisnis/perusahaan Anda, nama lengkap, nomor ponsel, alamat email dengan domain perusahaan dan dokumen lain sebagaimana yang dibutuhkan seperti dalam perjanjian kerjasama. Kami berhak untuk menghapus atau menolak pengguna jika menurut kami tidak sesuai, misalnya, jika Akun menunjukkan bahwa Anda adalah orang lain, bukan diri Anda sendiri atau tidak mewakili bisnis/perusahaan yang didaftarkan sebagai Akun. Anda setuju untuk menyediakan dan memperbarui informasi yang akurat, terkini dan lengkap tentang Akun Anda.

4.3

Ketika membuat Akun, Anda tidak diperbolehkan:

4.3.1

Memberikan informasi palsu kepada kami atau membuat Akun untuk orang lain atau perusahaan lain atau badan usaha lain atau instansi lainnya selain diri sendiri tanpa izin dari orang atau perusahaan atau badan usaha atau instansi lainnya tersebut;

4.3.2

Menggunakan nama bisnis atau alamat email pengguna atau nomor ponsel pengguna yang merupakan milik orang lain atau perusahaan lain atau badan usaha lain atau instansi lainnya dengan maksud untuk meniru;

4.3.3

Menggunakan nama bisnis atau alamat email atau nomor ponsel yang tunduk pada hak orang lain tanpa otorisasi yang tepat; atau

4.3.4

Menggunakan atau menghubungkan Channel selain Perusahaan Anda sendiri ke dalam sistem Klikoo Business. Kami berhak untuk menangguhkan atau menghentikan Akun Anda jika ada informasi yang diberikan selama proses registrasi atau sesudahnya terbukti tidak akurat, palsu atau menyesatkan, atau Kami dapat menghapus Akun yang Anda buat melalui Layanan apabila ditemukan terdapat pelanggaran terhadap Syarat penggunaan Layanan. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan password dan Akun Anda, dan setuju untuk memberitahu kami jika password Anda hilang, dicuri, atau diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak sah, atau mungkin telah jatuh ke tangan yang tidak berhak. Anda bertanggung jawab untuk kegiatan yang terjadi dalam Akun Anda. Jika Anda memiliki alasan untuk percaya bahwa Akun Anda tidak lagi aman, maka Anda harus segera memberitahukan kami di partners@pvg.co.id.

5.INFORMASI PADA AKUN

5.1

Untuk membuat sebuah Akun, Anda harus memberikan data registrasi berikut kepada kami:

(i)

Nama lengkap

(ii)

E-mail pengguna yang aktif dengan domain perusahaan

(iii)

Nomor handphone yang valid dan fungsional

(iv)

Nama perusahaan

(v)

Tipe perusahaan

(vi)

Bidang usaha

5.2

Untuk dapat mengakses semua produk dan fitur di Klikoo Business, Anda harus melakukan proses verifikasi dengan memberikan data sebagai berikut :

(i)

Nama perusahaan

(ii)

Nama channel pengguna

(iii)

Website perusahaan

(iv)

Bidang usaha

(v)

Tahun pendirian

(vi)

Alamat terdaftar perusahaan

(vii)

Nomor SIUP atau Izin Usaha Perusahaan

(viii)

Salinan Akta Pendirian dan Akta Perubahan Terakhir serta persetujuan atau surat penerimaan pemberitahuan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

(ix)

Salinan NPWP

(x)

Salinan Nomor Induk Berusaha (NIB)

(xi)

Salinan dokumen identitas (KTP/KITAS/Paspor) dan NPWP dari seluruh anggota Direksi

(xii)

Rekening bank perusahaan

5.3

Data registrasi dan data verifikasi yang Anda berikan kepada Kami harus disampaikan dengan sebenar-benarnya, sesuai dengan pengetahuan Anda, kepercayaan Anda dan kenyataan yang sebenarnya. Kesalahan dalam pemberian data registrasi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

5.4

Anda dilarang membagikan data registrasi Anda kepada pihak ketiga mana pun. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan data dan bertanggung jawab atas setiap aktivitas dan transaksi yang terjadi melalui Akun Klikoo Business milik Anda, baik yang dilakukan oleh Anda atau pihak ketiga mana pun.

5.5

Anda diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan password Anda dari pihak manapun, termasuk dari semua staff Klikoo sekalipun. Jika password Anda diketahui oleh pihak lain dengan alasan apapun dan karenanya terjadi penyalahgunaan Akun Anda, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Klikoo.

5.6

Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait keamanan dan perlindungan Akun Anda, Kami menghimbau Anda untuk segera hubungi kami di cs.klikoo@pvg.co.id atau nomor telepon Klikoo di 082125270901 mengenai apa pun yang berkaitan dengan penggunaan secara ilegal atau tanpa izin atas Akun Anda;

5.7

Untuk mencegah pencucian uang dan/atau pembiayaan terorisme di Indonesia, Kami berhak untuk membekukan Akun Anda dengan segera jika kami memiliki alasan untuk mempercayai bahwa data registrasi dan data verifikasi atau data apa pun yang diberikan oleh Anda tidak benar, dan/atau ada indikasi bahwa Akun Anda telah dibajak dengan cara apa pun.

5.8

Jika Anda tidak dapat mengakses Akun Anda, mohon segera hubungi Kami melalui cs.klikoo@pvg.co.id dan buat permintaan untuk membekukan Akun Anda. Kami tidak akan bertanggung jawab atas transaksi tanpa izin/ilegal apa pun yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda sebelum Anda membuat permintaan untuk membekukan Akun Anda dan permintaan tersebut telah dikonfirmasi oleh sistem kami.

6.VERIFIKASI AKUN

6.1

Untuk dapat mengakses seluruh produk dan fitur dari Klikoo, Pengguna diharuskan untuk melakukan Verifikasi Akun dengan memberikan data sesuai pada Pasal 5.2 di atas.

6.2

Pengguna yang baru melakukan pendaftaran di Klikoo Business hanya memiliki akses untuk membaca dokumentasi API yang diperlukan untuk melakukan integrasi dan diharuskan untuk melakukan verifikasi melalui partners@pvg.co.id

7.DANA DEPOSIT

7.1

Pengguna melakukan pembayaran deposit ke dalam rekening bank yang ditentukan oleh Klikoo melalui Channel yang telah ditentukan.

7.2

Tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna, Klikoo akan melakukan pemotongan saldo Deposit Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7.1 di atas, sesuai dengan jumlah Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau Pelanggan Pengguna.

7.3

Transaksi akan dibuka kembali setelah saldo Deposit yang dimiliki oleh Pengguna di dalam rekening bank Klikoo mencukupi untuk melakukan suatu transaksi.

8.PAJAK

Segala pajak yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian ini ditanggung oleh masing-masing Pihak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Pengguna mengirimkan faktur pajak setiap tanggal lima belas (15) di bulan berikutnya, sesuai dengan Transaksi Berhasil.

9.PENGEMBALIAN DANA

9.1

Pengembalian dana atas selisih pelimpahan oleh Para Pihak dilakukan paling lambat 3 (tiga) Hari Kerja setelah selisih pembayaran disepakati oleh Para Pihak.

9.2

Pengguna berkewajiban dan bertanggung jawab melakukan pengembalian dana kepada Pelanggannya apabila setelah melalui proses eskalasi dan investigasi ditemukan bahwa Biller tidak membukukan Transaksi Berhasil, atau Transaksi dinyatakan gagal oleh Biller dengan alasan apapun.

10.TRANSAKSI MENCURIGAKAN

Jika kami memiliki alasan yang menurut kami sendiri cukup untuk menduga adanya indikasi penipuan atau tindakan pelanggaran hukum lainnya dalam aktivitas pembayaran dan transaksi yang terjadi pada Akun Anda, maka kami berhak membekukan Akun Anda dan melakukan tindakan lainnya berdasarkan kebijakan kami. Anda akan kehilangan akses ke dalam Akun Anda selama Kami melakukan proses investigasi. Kami dapat bekerja sama dengan sejumlah pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Bank, Partner dan instansi yang berwenang dalam melakukan investigasi. Namun, kami akan mengupayakan yang terbaik untuk menyelesaikan investigasi tersebut secepat mungkin. Kembalinya hak akses Anda atas Akun Anda bergantung pada hasil investigasi kami dan pihak ketiga.

10.1

“Transaksi Mencurigakan” yang dimaksud meliputi namun tidak terbatas pada:

(i)

Transaksi dalam jangka waktu yang tidak wajar;

(ii)

Transaksi dengan nominal yang tidak wajar;

(iii)

Transaksi yang melibatkan pihak-pihak dalam pemantauan;

(iv)

Transaksi diluar kebiasaan;

(v)

Gabungan dari 2 atau lebih jenis transaksi yang dianggap mencurigakan;

10.2

Konsekuensi untuk Pengguna yang melakukan Transaksi Mencurigakan meliputi namun tidak terbatas pada:

(i)

Pembekuan Akun Klikoo Business sementara atau permanen;

(ii)

Diskualifikasi dari program dan promosi Klikoo;

(iii)

Tindak lanjut dari pihak berwajib jika terbukti melanggar hukum pidana dan/atau perdata, ataupun Hukum Yang Berlaku.

11.AKUN NON AKTIF

11.1

Akun Klikoo Anda akan dianggap non aktif ("Akun Non Aktif") dalam hal tidak terdapat transaksi dalam waktu 60 (enam puluh) Hari Kalender berturut-turut. Untuk kepentingan ketentuan ini, "transaksi" berarti penyelesaian transaksi atas setiap Platform / Website Klikoo Business pada Akun Klikoo Anda. Akun Non Aktif tidak dapat melakukan transaksi finansial dan pembayaran melalui Partner Klikoo;

11.2

Segera setelah jangka waktu sesuai angka (1) di atas berakhir, maka:

(i)

Jika Akun Saldo Klikoo Rp. 0 (nol Rupiah), kami akan melakukan penutupan atas Akun Non Aktif Anda tersebut secara permanen;

(ii)

Jika anda masih mempunyai saldo Klikoo, kami akan melakukan penonaktifan Akun;

(iii)

Setelah Akun Klikoo sudah di non-aktifkan, Klikoo akan memberlakukan biaya pemeliharaan Akun yang sudah di blokir karena Akun Non Aktif yang akan diambil dari saldo Klikoo yang tersisa di dalam Akun Klikoo. Ketentuan mengenai biaya pemeliharaan Akun akan kami tetapkan dikemudian hari yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

12.PENUTUPAN AKUN

Kami berhak untuk menutup Akun Anda, di mana untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami anggap baik, apabila terjadinya satu atau lebih Kondisi di bawah ini:

(i)

Permintaan Anda sendiri selaku pemilik Akun, dengan ketentuan Anda telah menyelesaikan segala kewajiban Anda kepada Kami;

(ii)

30 (tiga puluh) hari kerja setelah Akun Anda dinyatakan Akun Non Aktif dan Akun Saldo Klikoo Rp. 0 (nol Rupiah);

(iii)

Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;

(iv)

Akun Anda atau Transaksi dalam Akun Anda dinyatakan fraud (berdasarkan hasil investigasi Kami sendiri dan/atau dengan pihak kepolisian, dan/atau pihak ketiga);

(v)

Keputusan Kami berdasarkan Hukum Yang Berlaku;

(vi)

Penutupan Akun di atas dilakukan dengan telah menyelesaikan kewajiban dan biaya yang timbul karenanya;

(vii)

Jika Akun Klikoo Anda ditutup berdasarkan Poin (i) di atas, maka setelah verifikasi dilakukan, Kami dapat melakukan tindakan-tindakan penahanan, pemotongan, atau pendebetan Saldo Klikoo dalam Akun Anda. Penahanan, pemotongan, atau pendebetan saldo dalam Akun Anda dilakukan berdasarkan pertimbangan kami, dan juga termasuk namun tidak terbatas untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Kami atau Partner Kami, pembayaran biaya administrasi penutupan Akun dalam jumlah yang akan ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu atau biaya terutang lainnya (apabila ada) di Akun Klikoo Anda. Terkait dengan tindakan yang kami lakukan pada Poin (vii) ini, Anda dengan ini memberikan kuasa yang melekat (tanpa perlu dibuatkan kuasa secara terpisah), hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan atau persetujuan terlebih dahulu dari Anda; (viii) Anda akan tetap sepenuhnya bertanggung jawab atas semua transaksi yang terjadi sebelum pemberhentian Akun Anda;

13.TAUTAN

“Situs Resmi” Kami tersedia di www.klikoo.co.id Anda akan melihat bahwa URL untuk setiap halaman dari Situs Resmi Kami diawali dengan " https:// ". Dengan kata lain, setiap halaman dari Situs Resmi kami merupakan hypertext transfer protocol secure ("Berbasis HTTPS") atau "Identitas Terverifikasi". HTTPS dari seluruh Situs Resmi Kami telah diaktifkan untuk mengamankan Anda dari situs-situs tiruan. Pastikan halaman situs yang Anda buka berbasis HTTPS sebelum memberikan informasi apa pun. Kami tidak akan bertanggung jawab untuk akibat apa pun yang terjadi jika Anda memberikan informasi di situs pihak ketiga. Kami tidak menjamin keamanan, fungsionalitas, atau aksesibilitas dari situs pihak ketiga, termasuk kasus-kasus di mana tautan ke situs pihak ketiga tersedia di Situs Resmi kami.

14.WAKTU LAYANAN

Layanan kami bergantung pada pihak ketiga seperti bank, perusahaan telekomunikasi, dan perusahaan listrik. Kami tidak dapat mengontrol kejadian yang berhubungan dengan layanan dari pihak ketiga. Oleh karena itu, Kami tidak dapat bertanggung jawab untuk menjamin keberhasilan atau kecepatan layanan pembayaran di waktu-waktu khusus sebagai berikut:

(i)

Waktu di luar jam operasional normal di Indonesia (Senin – Jumat, pukul 09:00 – 18:00 WIB);

(ii)

Hari Sabtu dan Minggu yang dianggap sebagai hari libur akhir pekan di Indonesia;

(iii)

Hari-hari yang dianggap sebagai hari libur nasional di Indonesia;

(iv)

Hari-hari di mana kasus "Force Majeure" terjadi.

15.PERINGATAN

15.1

Kecuali untuk peran terbatas kami dalam memproses pembayaran yang Anda izinkan atau ajukan, kami tidak terlibat dalam transaksi antara Anda, Pengguna lainnya, Bank, atau Pihak Ketiga lainnya.

15.2

Klikoo tidak bekerjasama atau berafiliasi dengan pihak manapun selain yang kami nyatakan secara tegas pada Platform / Website Klikoo Business.

15.3

Kami tidak akan bertanggung jawab jika Anda mempercayai / melakukan pembayaran / transfer atas permintaan dari pihak lain tersebut. Jika Anda mengalami kejadian ini, MOHON AGAR MELAPORKANNYA kepada Klikoo melalui kontak kami di:

(i)

Nomor handphone : 082125270901;

(ii)

Email CS : cs.klikoo@pvg.co.id;

(iii)

atau dapat dilihat di halaman kontak kami.

15.4

Kami tidak menjamin terkait penggunaan atau hasil dari layanan dalam hal kesesuaian, kebenaran, akurasi dan keandalan. Anda bertanggung jawab penuh atas resiko dari akses dan penggunaan layanan oleh Anda.

15.5

Kami tidak akan bertanggung jawab atas segala saran dan/atau informasi, baik lisan maupun tertulis, mengenai jaminan apapun yang Anda dapatkan dari pihak ketiga atau pihak selain kami.

15.6

Kami akan mengupayakan yang terbaik untuk tidak membagikan detil pembayaran apa pun, data registrasi atau informasi personal lainnya yang Anda berikan kepada Kami, kecuali jika diharuskan oleh Hukum Yang Berlaku, atau hingga batasan tertentu kami perlu melaksanakan instruksi pembayaran yang kami terima dari Anda. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala akibat yang terjadi jika informasi personal Anda telah secara sukarela atau secara tidak sengaja dibagikan oleh Anda ke pihak ketiga manapun.

16.LARANGAN

Pengguna hanya dapat mengakses dan menggunakan Platform / Website Klikoo Business tanpa melanggar hukum atau hak siapapun. Oleh karena itu, Pengguna dilarang untuk:

16.1

dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik Pengguna lainnya;

16.2

melakukan tindakan plagiarisme atas materi yang terdapat pada Platform / Website Klikoo Business, termasuk namun tidak terbatas pada melanggar kekayaan intelektual, rahasia dagang, hak-hak kepemilikan;

16.3

Pengguna tidak akan memfitnah, mengancam atau melecehkan dalam berkomunikasi dengan kami atau Pengguna lainnya;

16.4

Pengguna akan berlaku sopan dan tidak cabul dalam berkomunikasi dengan Kami atau Pengguna lainnya;

16.5

melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan, atau memberi kesempatan, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk melakukan aktivitas yang melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Platform / Website Klikoo Business.

17.KORESPONDENSI

Setelah Akun Klikoo Anda aktif, dengan demikian Anda telah setuju untuk menerima komunikasi dari Kami melalui nomor handphone terdaftar terdaftar Anda mengenai layanan Kami. Anda setuju bahwa setiap komunikasi yang Anda terima dari Kami tidak akan dianggap spam (komunikasi yang tidak diminta) dan/atau pelanggaran registrasi Anda.

18.GANTI RUGI

Anda setuju untuk mengganti kerugian dan memastikan bahwa Kami dan/atau pihak-pihak terkait lainnya bebas dari segala jenis dan semua klaim, biaya, kerusakan, kewajiban, dan pengeluaran (termasuk namun tidak terbatas biaya pengacara) yang dibebankan kepada kami sehubungan dengan, atau yang timbul dari:

(i)

akses Anda ke atau penggunaan Platform / Website Klikoo Business;

(ii)

penyalahgunaan atau pelanggaran dari Syarat dan Ketentuan ini;

(iii)

pelanggaran Anda terhadap Hukum Yang Berlaku;

(iv)

pelanggaran Anda terhadap hak-hak pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual atau hak publisitas, kerahasiaan, properti, atau privasi; dan/atau

(v)

setiap sengketa atau masalah antara Anda dengan pihak ketiga lainnya.

19.PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

19.1

Layanan disediakan dalam kondisi "as is" atau "apa adanya". Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan Platform / Website Klikoo Business. Kami tidak akan memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:

(i)

Penggunaan Platform / Website Klikoo Business (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;

(ii)

Platform / Website Klikoo Business dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik perangkat keras maupun lunak) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Platform / Website Klikoo Business;

(iii)

Penyediaan Platform / Website Klikoo Business atau kelancaran bertransaksi atau penggunaan Akun Klikoo akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;

(iv)

Setiap data transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam Platform / Website Klikoo Business dan sistem penunjangnya adalah akurat atau benar;

(v)

Kualitas Platform / Website Klikoo Business akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;

(vi)

dan tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Platform / Website Klikoo Business dan sistem penunjangnya.

19.2

Mengingat bahwa Kami hanya berperan sebagai penyedia platform, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak penyedia layanan;

19.3

Anda mengetahui dan setuju bahwa Kami juga berhak untuk memblokir, menonaktifkan, menutup Akun, dan/atau melakukan penurunan status (downgrade) apabila:

(i)

Kami memahami dan memiliki alasan yang memadai untuk menyatakan bahwa telah terjadi atau akan terjadi manipulasi keuangan atau perbankan atau kriminal yang terkait dengan Akun atau rekening dan/atau layanan/fasilitas Pengguna Klikoo;

(ii)

Pengguna Klikoo memberikan data yang tidak valid/tidak lengkap kepada Kami;

(iii)

Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan Hukum Yang Berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh Pengguna Klikoo.

19.4

Anda dengan ini mengetahui bahwa Platform / Website Klikoo Business, Akun dan/atau sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan:

(i)

Ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau;

(ii)

Tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu Transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.

19.5

Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan-kemungkinan berikut ini:

(i)

Sistem atau Website (atau bagian manapun dari sistem atau Website) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau;

(ii)

Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia. Atas terjadinya hal tersebut, Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami.

19.6

Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian langsung, tidak langsung dan/atau kerugian immateriil, termasuk setiap biaya, keuntungan (termasuk bunga), kerusakan, dan kerugian dalam jenis atau bentuk apapun, yang Anda atau pihak ketiga lainnya alami, yang terjadi akibat:

(i)

Kesalahan Partner Klikoo atau mitra Kami;

(ii)

Kelalaian atau kesalahan pihak ketiga dan/atau Anda.

19.7

Kami hanya akan bertanggung jawab atas kerugian yang Anda alami secara langsung yang senyatanya dibayar, yaitu yang dapat dibuktikan terjadi akibat kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Adapun jumlah yang akan Kami tanggung dalam kondisi apapun atas kerugian nyata (materiil) tersebut hanya terbatas pada jumlah biaya transaksi yang telah dibayarkan tersebut (yang tercatat dalam sistem Kami) atau maksimum senilai Rp. 2.000.000.

19.8

Kami tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap, tidak benar atau akibat tidak dilaksanakannya instruksi Anda, antara lain pembatalan, perubahan instruksi (untuk instruksi yang belum dijalankan) yang disampaikan kepada Kami, kecuali jika kerugian tersebut terjadi akibat kesalahan Kami yang disengaja atau kelalaian Kami.

19.9

Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:

19.9.1

Penggunaan data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;

19.9.2

Pemberian data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Platform / Website Klikoo Business yang Anda lakukan secara:

(i)

Melanggar atau melawan Hukum Yang Berlaku;

(ii)

Melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau;

(iii)

Melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat.

19.9.3

Penggunaan Platform / Website Klikoo Business, Akun dan/atau layanan:

(i)

Secara tidak sah;

(ii)

Melanggar Hukum Yang Berlaku;

(iii)

Melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau;

(iv)

Untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.

19.10

Sebagai Pengguna Klikoo, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi, dan Security Code yang Anda gunakan untuk login dan mengakses Akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan Akun Anda, dan dengan ini Anda melepaskan dan membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda.

19.11

Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari klaim Anda atas ketentuan "Pembatasan Tanggung Jawab" ini (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).

20.PERATURAN HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA

Kami memilih untuk menyelesaikan sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini melalui forum pengadilan yang berwenang sesuai dengan hukum dan peraturan perundang- undangan yang berlaku di dalam wilayah negara Republik Indonesia (“Hukum Yang Berlaku”). Setiap sengketa atau klaim akan diselesaikan secara individual dan tidak akan digabungkan dengan pengadilan sengketa atau keluhan dari pihak lainnya. Baik Anda maupun Kami berhak mencari bantuan awal atau sementara dari lembaga hukum yang kompeten di Indonesia, yang diperlukan untuk melindungi hak atau kekayaan dari Anda atau Kami, selama menunggu penyelesaian pengadilan. Semua proses pengadilan akan dilaksanakan dalam Bahasa Indonesia. Syarat dan Ketentuan ini akan diatur sesuai dengan hukum dan undang- undang di Indonesia. Sesuai dengan prosedur pengadilan, Kami dan Anda menyetujui dan menerima bahwa setiap sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini akan diadili secara khusus hanya di bawah lembaga Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan tidak mengurangi hak Kami untuk mengajukan laporan, gugatan, atau tuntutan baik pidana, maupun perdata, melalui pengadilan negeri, maupun instansi berwenang lainnya berdasarkan Hukum Yang Berlaku.

21.HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Anda mengakui dan menyetujui bahwa layanan dan perangkat lunak apa pun yang dibutuhkan untuk terhubung dengan layanan Kami (“Perangkat Lunak”) berisi hak milik dan informasi rahasia yang dilindungi oleh kekayaan intelektual dan hukum-hukum lainnya yang berlaku. Anda menyetujui untuk tidak memodifikasi, menyewakan, meminjamkan, menjual, mendistribusikan atau menciptakan pekerjaan-pekerjaan turunan dengan layanan dari Perangkat Lunak Kami, secara utuh maupun secara sebagian. Setiap Penggunaan komersial tanpa izin dari Layanan Kami atau penjualan kembali dari Layanan Kami atau penyalinan atau reproduksi dari Perangkat Lunak Kami ke server atau lokasi lainnya untuk reproduksi dan distribusi kembali dilarang keras dan dapat mengakibatkan hukuman pidana dan perdata.Anda mengakui dan berjanji bahwa Anda tidak akan (Anda juga tidak akan mengizinkan pihak ketiga untuk) menyalin, memodifikasi, mengumpulkan, menerjemahkan, menciptakan pekerjaan-pekerjaan turunan, merekayasa balik, merekayasa kembali Perangkat Lunak atau mencoba untuk menggali sumber kode program, meliputi tanpa kecuali tujuan untuk mendapatkan akses tanpa izin ke layanan Kami.

22.TIADA PENGABAIAN

Kegagalan, keterlambatan, atau kelalaian Kami untuk menerapkan atau melaksanakan hak atau ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini bukan berarti pengabaian dari hak atau ketentuan tersebut. Pengabaian hak atau ketentuan apa pun pada kesempatan apa pun tidak dapat diartikan sebagai pengabaian hak atau ketentuan tersebut di masa depan. Anda menyetujui bahwa terlepas dari Hukum Yang Berlaku, setiap sengketa atau klaim yang muncul dari atau berkaitan dengan penggunaan layanan Kami atau Syarat dan Ketentuan ini harus diajukan dalam 3 (tiga) bulan sejak sengketa atau klaim tersebut muncul atau dianggap tidak sah.

23.PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN

Syarat dan Ketentuan ini dapat dimodifikasi, diamandemen, diubah dan ditambahkan setiap waktu dan dari waktu ke waktu, dihentikan secara sementara atau permanen (“Direvisi”) oleh Kami. Anda setuju untuk mengikatkan diri Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini termasuk Syarat dan Ketentuan yang telah Direvisi yang akan berlaku secara otomatis dan mulai mengikat bagi Anda sejak hari publikasinya di Platform / Website kami. Dengan melanjutkan akses terhadap layanan Kami, Anda dianggap telah setuju untuk menerima dan terikat oleh Syarat dan Ketentuan yang telah Direvisi tersebut. Jika Anda tidak setuju terhadap Syarat dan Ketentuan yang Telah Direvisi tersebut, Anda harus segera berhenti mengakses atau menggunakan layanan Kami. Pengguna dan/atau Partner Platform / Website Klikoo Business telah membaca dan mengerti seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan konsekuensinya, sehingga dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur di dalamnya. Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Syarat dan Ketentuan ini yang melawan hukum, tidak dapat diterapkan, atau menjadi tidak berlaku, maka ketentuan atau bagian tersebut akan dianggap dihapus dari Syarat dan Ketentuan ini dan Kami akan menyesuaikan ketentuan tersebut agar dapat dilaksanakan, dengan mana ketentuan lagi dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sepenuhnya.

24.KONTAK KAMI

Dalam hal Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, permintaan, atau keluhan selama Anda menggunakan Platform / Website Klikoo Business, Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail partners@pvg.co.id. Untuk merespon pertanyaan atau pengaduan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Oleh sebab itu, Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau pengaduan Anda jika data yang Anda berikan tidak sesuai dengan data yang tertera pada sistem Kami. Kami akan memberikan upaya terbaik Kami untuk membantu Anda menyelesaikan setiap kendala yang Anda alami. Agar Kami dapat meningkatkan layanan Kami, setiap korespondensi antara Anda dengan Kami dapat kami catat atau kami rekam.

Logo white

Treasury Tower, Lantai 31, District 8 SCBD Lot. 28, Jl. Jend Sudirman Kav 52-53, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12190.

© Pintar Ventura Group 2023. All rights reserved